Beranda berita Gerah dengan Ulah Ustaz Tengku Soal RUU P-KS, Akhirnya MUI Angkat Bicara,...

Gerah dengan Ulah Ustaz Tengku Soal RUU P-KS, Akhirnya MUI Angkat Bicara, Keras!

33

Rekaman video ceramah Wasekjen MUI, Ustaz Tengku Zulkanain, yang viral di kanal media sosial, tampaknya membuat MUI gerah. Dalam ceramahnya itu, Tengku menyebut pemerintah bakal melegalkan zina jika RUU P-KS disahkan.

“Pasalnya mengerikan, ada satu pasal yang membuat saya menangis. Pelajar, mahasiswa, dan pemuda belum menikah yang ingin melakukan hubungan seksual maka pemerintah mesti menyediakan alat kontrasepsi untuk mereka,” kata Tengku dalam ceramahnya.

Namun, pernyataan Tengku terbukti hoaks hingga akhirnya ia mencabut pernyataannya dan meminta maaf melalui akun twitternya @ustadtengkuzul (12/3/2019).

Reaksi Keras MUI

Meski demikian, organisasi induk tempat Ustaz Tengku bernaung, MUI, tetap bereaksi keras.

“Harus hati-hati, tidak semua bisa disampaikan ke forum terbuka. Ini khawatir bisa memperkeruh situasi menjelang pemilu,” kata Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI, KH Abdullah Jaidi, di kantor Inter Religious Council (IRC), Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Menurut Abdullah, apa yang dilakukan Tengku telah dikategorikan sebagai kampanye hitam terhadap paslon 01. Namun, pihaknya hanya bisa mengimbau tanpa bisa memberi sanksi.

“Sanksi itu kalau di dalam masalah pemilu maka diserahkan ke pihak yang kompeten dalam hal pelanggaran, yaitu Bawaslu,” kata Abdullah seperti dikutip telusur.co.id (15 Maret 2019).

“MUI hanya sekadar menyampaikan imbauan dalam rapat pimpinan itu. Agar Mereka berhati-hati dengan informasi yang berkembang, apalagi situasi saat ini banyak hoaks,” tegas Abdullah.

Tak Pernah Jera?

Jika disimak jejak digitalnya di media sosial, bukan kali ini saja Tengku Zulkarnain bikin ulah yang terkesan menyerang dan menyudutkan pemerintah. Saat isu 7 kontainer surat suara tercoblos meruyak di ruang publik, Tengku juga terkesan berupaya menggiring opini publik bahwa KPU telah bersikap tidak netral.

Meski pernyataannya kerap menimbulkan kontroversi dan kegaduhan, Ustaz Tengku dinilai tak pernah jera. Melalui akun twitternya, Ustaz Tengku diduga kuat kerap menyerang pemerintah lewat berbagai pemberitaan yang tidak terverifikasi kebenarannya.

Namun, toh, Tengku Zulkarnain seperti orang yang ‘kebal hukum’. Meski sudah kerap dilaporkan ke polisi, tapi berbagai laporan yang masuk ke polisi kabarnya tak pernah ditindaklanjuti.

Repotnya, MUI dinilai hanya keras dalam memberikan teguran, tapi bersikap gamang, tak pernah mengambil sikap tegas dengan memberikan sanksi.

Dalam situasi demikian, sangat beralasan kalau Ustaz Tengku masih terkesan enjoy dan happy dengan cuitan-cuitan yang dinilai sarat dengan hoaks. Kalau organisasi induknya, MUI, terkesan gamang dan tidak tegas, bagaimana mungkin Ustaz Tengku bakal kapok untuk menghentikan cuitan-cuitannya yang beraroma hoaks? ***