Beranda teknologi Gunakan Stock AOSP Rom Atau Modifan Pabrik? Bagusan Mana Ya?

Gunakan Stock AOSP Rom Atau Modifan Pabrik? Bagusan Mana Ya?

201
Loading...

Pada artikel-artikel sebelumnya, Kami telah membahas kenapa kamu harus nyobain yang namanya custom rom di android. Tapi, mendingan mana sih yang kamu gunain jika kamu ingin beli smartphone baru? Nah, untuk menghilangkan kegalauan itu, kami akan membahasnya pada artikel ini. Sebelum itu, ikuti akun kami untuk terus mendapatkan informasi terkait teknologi terkini!

1. Stabil

Jika kamu ingin menggunakan smartphone yang stabil dalam penggunaan software, tentu saja jawabannya gunakan official rom. Namun, bagaimana jadinya jika kamu mendapatkan pilihan yang membingungkan seperti AOSP dan lain-lain? Untuk menjawab hal tersebut, kamu harus memiliki fokus kamu tersendiri. AOSP merupakan rom android yang murni dari google dan tentunya tidak adanya campur tangan dari brand smartphone yang hendak kamu beli. Dengan kata lain, AOSP adalah panutan awal yang kemudian dirombak oleh brand smartphone yang melahirkan android versi mereka sendiri seperti EMUI, ColorOS, One UI, Touchwiz, MIUI, ZenUI, Flyme, dan lain-lain.

Pada dasarnya, android versi brand smartphone memiliki fokus mereka tersendiri baik dari tampilan maupun dari fitur yang ditawarkan. Namun, bagi kamu yang ini menggunakan android murni, maka TrendTech sarankan untuk menggunakan yang namanya AOSP.

2. Fitur

Pada rom AOSP, kamu ditawari fitur yang terkesan minim namun simpel buat kamu yang nggak suka ribet-ribet. Namun, buat kamu yang ingin fitur yang lebih, maka rom modifan brand/pabrik lebih cocok buat kamu yang mencari yang kaya fitur.

3. Cepat atau Lambat?

Meskipun rom hasil modifan brand/pabrik memiliki banyak fitur atau kaya fitur, bukan berarti rom tersebut terbaik. Jika kamu mencari rom yang cepat dan lancar, maka rom hasil modifan tersebut bisa saja menjadi pilihan mu, namun tidak semuanya yang bisa mencapai ekspetasi tersebut. Berbeda dengan rom AOSP yang notabene source atau sumber dari rom tersebut yang nggak kaya fitur dan simpel. Dengan fitur yang ala kadarnya dan simpel itulah mengapa rom AOSP bisa menjadi lebih cepat dan lebih smooth dibandingkan dengan rom hasil modifan pabrik/brand.

Dari tiga poin itu, apa kamu mau pindah hati ke AOSP atau nggak mau move on? Berikan jawaban mu di kolom komentar ya!

Loading...