Beranda berita Jokowi Berhasil Bebaskan Siti Aisyah, BPN Prabowo Langsung Bilang Begini!

Jokowi Berhasil Bebaskan Siti Aisyah, BPN Prabowo Langsung Bilang Begini!

87
Loading...

Bebasnya Siti Aisyah dari segala tuntutan atas dugaan pembunuhan kakak tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam merupakan perjuangan panjang, berjenjang dan tanpa henti dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Cahyo Rahadian Muhzar mengatakan, kabar bebasnya Siti Aisyah saat digelarnya persidangan kasus Siti Aisyah di Mahkamah Tinggi Shah Alam, Selangor, Malaysia, Senin, 11 Maret 2019.

“Siti Aisyah bebas didasari oleh permintaan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly kepada Jaksa Agung Malaysia,” kata Cahyo, seperti yang dilansir dari inews.id (11/03/19).

Cahyo mengungkapkan, setidaknya ada beberapa alasan yang mendasari Presiden Jokowi lewat Menkumham meminta pembebasan terhadap Siti Aisyah. Pertama, Siti Aisyah meyakini apa yang dilakukannya semata-mata bertujuan untuk kepentingan acara reality show. Sehingga dia tidak pernah memiliki niat untuk membunuh Kim Jong-nam.

Kedua, Siti Aisyah telah dikelabui dan tidak menyadari sama sekali sedang diperalat pihak intelijen Korea Utara. Ketiga, Siti Aisyah sama sekali tidak mendapatkan keuntungan dari apa yang dilakukannya.

“Permintaan tersebut sejalan dengan arahan Presiden RI setelah dilakukan koordinasi antara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Menteri Luar Negeri RI, Kepala Kepolisian RI, Jaksa Agung RI dan Kepala Badan Intelijen Negara,” ujar Cahyo, seperti yang dilansir dari inews.id (11/03/19).

Respon BPN Prabowo

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lewat anggota Direkorat Advokasi BPN Habiburokhman mengapresiasi pemerintah RI yang berhasil melobi Malaysia untuk membebaskan Siti Aisyah dari jerat dakwaan pembunuhan Kim Jong-nam. Namun BPN memandang Presiden Joko Widodo selaku kepala negara meniru cara Prabowo terkait pembebasan Siti Aisyah.

“BPN Prabowo Sandi mengapresiasi pemerintah Indonesia atas bebasnya Siti Aisyah terkait kasus pembunuhan Kim Jong-nam. Kami bangga pemerintahan Jokowi tak malu meniru apa yang sudah dilakukan Pak Prabowo sebelumnya ketika membebaskan Wilfrida Soik,” kata Habiburokhman, seperti yang dilansir dari detik.com (11/03/19).

Meski demikian Habiburokhman berharap pembebasan Siti Aisyah tidak dipolitisasi untuk kepentingan pemilu. Menurutnya, sudah kewajiban negara melindungi seluruh warga negaranya.

“Namun kami berharap pembebasan tersebut tidaklah dipolitisasi untuk kepentingan pemilu. Apa yang dilakukan pemerintah dalam kasus Siti Aisyah memang sudah keharusan, jadi nggak perlu bangga berlebihan. Ibarat kata, kita nggak perlu memuji tukang pos yang mengantar surat ke kita karena hal itu memang sudah tugas mereka,” sebut Habiburokhman, seperti yang dilansir dari detik.com (11/03/19).

Bagaimana menurut anda? Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda

Loading...