Beranda campur Kebiasaan Orang Jepang Yang Patut Di Contoh

Kebiasaan Orang Jepang Yang Patut Di Contoh

5

Loading...

Menjaga Kebersihan

Di Jepang membuang sampah pada tempatnya sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Mereka akan menyimpan sampahnya entah itu sampah bungkus makanan, minuman, atau yang lain saat mereka berada di jalan atau kendaraan umum, mereka akan menyimpannya terlebih dulu di saku hingga mereka menemukan tempat sampah untuk membuangnya dan tak jarang masyarakat Jepang akan membawa sampahnya sampai mereka pulang ke rumah loh.

Disiplin

Orang Jepang itu selalu tepat waktu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mereka bisa dipastikan akan selalu on time ketika berangkat bekerja, berangkat sekolah, hingga ketika ada janji dengan teman atau pacar. Bahkan, ada aturan tak tertulis di Jepang bahwa mereka harus memakai jam digital supaya tidak terlambat dan selalu on time. Jika mereka terlambat mereka akan meminta maaf dan menyesal tidak akan melakukan hal itu lagi.

Pekerja keras dan ulet

Orang Jepang sudah terkenal dengan sifat kerja kerasnya. Bahkan, pulang cepat justru dianggap agak memalukan karena pegawai tersebut dianggap ‘tidak dibutuhkan’ oleh perusahaan. Dan terdapat beberapa hal yang dianggap membanggakan yaitu mereka akan merasa bangga ketika jarang tidur karena banyak melakukan pekerjaan. Jepang memiliki jam kerja yang paling tinggi yaitu 2450 jam/tahun. Hal ini tentu jauh berbeda dengan Amerika yang memiliki 1957 jam/tahun, Inggris 1911 jam/tahun, dan Jerman 1870 jam/tahun.

Suka Membaca

Tingkat membaca masyarakat Jepang termasuk salah satu yang tertinggi di dunia, membaca seolah-olah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat Jepang. Walaupun zaman sudah semakin canggih masyarakat Jepang tetap tidak melupakan kebiasaan membaca buku loh. Mereka bisa membaca dimanapun mereka berada, bahkan di dalam transportasi publik sekalipun.

Anak-anak di Jepang sudah dibiasakan membaca sejak dini, di sekolah mereka dibiasakan untuk membaca selama 10 menit sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar. Apalagi untuk anak SMP atau SMA yang dituntut untuk masuk perguruan tinggi, mereka akan selalu membaca buku dimanapun dan kapanpun.

Bangga Dan Menjunjung Tinggi Tradisi & Budaya

Jika kamu ingin melihat budaya dan teknologi canggih hidup berdampingan maka negara Jepang lah jawabannya. Jepang banyak berinovasi dalam bidang teknologi, mereka berhasil menciptakan robot dengan berbagai macam fungsi yang dapat menggantikan tugas manusia. Kendati begitu, itu tidak membuat mereka lupa dengan tradisi dan budayanya.

Meskipun sudah digerus dengan perkembangan zaman, ada nilai positif dari orang Jepang yang perlu diacungi jempol. Orang Jepang selalu menjunjung tinggi tradisi mereka. Bahkan, mereka selalu merasa bangga akan tradisi yang dimiliki dan memegangnya teguh hingga hari ini.


Sumber : idntimes.com

Loading...