Beranda berita Rommy Jadi Tersangka, Reaksi Jokowi Ini Bisa Bikin Para Penyinyirnya Mati Kutu?

Rommy Jadi Tersangka, Reaksi Jokowi Ini Bisa Bikin Para Penyinyirnya Mati Kutu?

43

Tertangkapnya Ketum PPP, Romahurmuziy (Rommy) dalam OTT KPK memang mengejutkan banyak kalangan. Pasalnya, politisi kelahiran 10 September 1974 itu termasuk orang yang sangat dekat dengan Jokowi. Sangat beralasan apabila kasus rasuah yang menjerat Rommy memicu munculnya banyak spekulasi.

Lantas, bagaimana reaksi Jokowi setelah satu teman dekatnya itu ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan jual beli jabatan di Kemenag?

Jokowi mengaku sedih sebab selama ini dirinya berteman baik dengan Rommy yang telah membawa PPP untuk mengusungnya bersama Kiai Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Lebih-lebih Rommy juga termasuk tokoh penting dalam barisan TKN sebagai salah satu anggota Dewan Penasihat.

“Apa pun, Romy adalah kawan kami. Sudah lama dan ikut dalam Koalisi Indonesia Kerja. Kami sangat sedih dan prihatin,” kata Jokowi di Medan, Sabtu (16/3/2019).

Meskipun demikian, Jokowi tetap menghormati langkah KPK yang menahan Rommy dan menetapkannya sebagai tersangka.

Simak video berikut ini!

Video pernyataan Jokowi terkait tertangkapnya Rommy dalam OTT KPK. (Sumber: youtu.be/Z2fqEBMOzLY)

Ya, memang Rommy telah ditetapkan KPK sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi dalam seleksi jabatan di Kemenag sebagaimana disampaikan pimpinan KPK Laode M Syarif didampingi Jubir KPK Febri Diansyah dalam jumpa pers di KPK, Sabtu (16/3/2019). Menurut Laode, Romahurmuziy selaku anggota DPR diduga sebagai penerima suap dari HRS, Kakanwil Kemenag Jawa Timur dan MFQ, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Rommy terjaring operasi tangkap tangan bersama lima orang lain (kompas.com, 16 Maret 2019).

Pernyataan Jokowi yang mengakui Rommy sebagai teman baik dan menghormati langkah hukum yang dilakukan KPK tentu di luar dugaan para penyinyir dan haters. Pasalnya, ketika kabar terciduknya Rommy mulai membanjiri linimasa media sosial, mereka berspekulasi bahwa Jokowi bakal buang badan dan ogah mengakui hubungan kedekatannya dengan Rommy.

“Demi citra dan elektabilitas, Jokowi bakal bersikap ‘habis manis sepah dibuang’ terhadap Rommy,” demikian spekulasi yang sempat mencuat dalam perbincangan di kanal medsos.

Namun, melalui ekspresi dan sikap Jokowi yang mengaku sedih, tetapi tetap memosisikan Rommy sebagai teman baik, dan menghargai langkah hukum yang dilakukan KPK, bisa jadi malah bisa membikin para penyinyir dan hatersnya ‘mati kutu’.

Tampaknya Jokowi memang bukan tipe pemimpin yang gampang ‘lupa kacang akan kulitnya’ meski harus menghadapi serangan politik bertubi-tubi akibat kasus dugaan jual beli jabatan yang menjerat teman baiknya. Itu saja! ***