Rugi Miliaran! Ternyata Ribuan PNS Napi Korupsi Masih Digaji Negara

518
Rugi Miliaran! Ternyata Ribuan PNS Napi Korupsi Masih Digaji Negara
Loading...

Indonesia Coruption Watch (ICW) menemukan indikasi kerugian negara yang cukup besar dari PNS napi korupsi. Pasalnya ternyata saat ini banyak PNS Napi korupsi yang masih digaji negara.

Rugi Miliaran! Ternyata Ribuan PNS Napi Korupsi Masih Digaji Negara

Potensi kerugian negara tersebut disampaikan oleh Divisi Investigasi ICW, Wana Alamsyah ke BPK (rmol.co, 24/2). Menurut Wana dari kasus Napi Korupsi PNS yang tetap digaji tersebut berpotensi merugikan negara sebesar 72 miliar rupiah per tahun.
Persepsi Publik Terhadap Pelaku Korupsi (Sumber: printablehd)

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Penggajian PNS, di bagian lampirannya kami coba melakukan penggeneralisasian. Perhitungannya dilakukan secara moderat, di mana kami mengasumsikan 1.466 PNS ini memiliki golongan III/D. Gaji pokoknya Rp 3,5 juta. Gaji itu dikaliĀ­kan dengan jumlah PNS yang terlibat kasus korupsi. Lalu, muncullah estiĀ­masi tersebut,” jelas Wana (rmol.co, 24/2).
Daerah Paling Banyak PNS Korupsi (Sumber: tribunnews)
Menurut Data BKN (rmol.co, 24/2) per 30 Desember 2018 memang ada 1.466 PNS yang telah divonis bersalah atas kasus korupsi, tetapi masih menerima gaji. Menurut ICW (rmol.co, 24/2) dari 1.466 PNS tersebut sudah berkekuatan tetap dan seharusnya dipecat.

Dari jumlah itu, Kabupaten/Kota yang paling banyak menyumbang Napi Korupsi adalah Sumatera Utara dengan 298 orang (rmol.co, 24/2). Sedang kementrian terbanyak penyumbang Napi PNS korupsi adalah Kementrian Perhubungan sebanyak 16 orang. Dan untuk pemerintah propinsi yang terbanyak adalah DKI Jakarta dengan 52 orang.

Masalah ribuan Napi PNS yang masih mendapat gaji ini harus mendapat perhatian dari MENPANRB. Jika masalah ini tidak segera diselesaikan kerugian negara akan terus berlanjut, disamping menambah catatan preseden yang kurang bagus dalam sistem kepegawaian kita…I].

Loading...