Beranda campur Semua yang Perlu Diketahui tentang Stadion Baru Tottenham

Semua yang Perlu Diketahui tentang Stadion Baru Tottenham

1

Loading...

CEO Tottenham Hotspur, Daniel Levy, telah mencanangkan proyek stadion baru Tottenham sejak 2007. Meski begitu, proses konstruksi tahap pertama baru dilakukan pada 2016. Konstruksi ini terletak di jalan yang sama dengan stadion lama White Hart Lane.

Pada Mei 2016/17, stadion baru sudah separo jadi. White Hart Lane lama pun dirobohkan demi memberi tempat bagi White Hart Lane baru. Tinggal separo pengerjaan, pembangunan pun diharapkan tuntas pada akhir 2017/18.

Nyatanya, penundaan terus terjadi. Pada Agustus 2018, pihak klub menunda pembukaan stadion baru karena terdapat masalah pada “sistem keamanan yang penting”. Pihak klub lantas mengumumkan akan ada pemberitahuan pada Januari 2019.

Akan tetapi, pada Desember 2018, manajemen mengumumkan penundaan lagi. Mereka masih perlu memastikan “rencana keamanan”, “rencana medis”, “peralatan keselamatan”, hingga sistem deteksi api. Di bulan itu pula 6.000 fans telah diundang masuk untuk melongok interior stadion.

Pihak klub kembali menjanjikan akan ada pemberitahuan pada Maret 2019. Lantas pada pertengahan Februari, seribu fans diundang untuk nobar pertandingan American Football di dalam stadion baru. Logo NFL dan mural para pemain bintang sudah terlihat di beberapa titik.

Tak ada yang tahu pasti mengapa konstruksi stadion tak kunjung selesai. Yang pasti, banyak dugaan yang menyatakan biaya stadion membengkak dari perkiraan awal. Awalnya, perkiraan biaya 400 juta pounds membengkak menjadi lebih dari 1 miliar pounds (Rp18,1 triliun rupiah). Kondisi ekonomi Inggris yang sedang runyam akibat polemik Brexit diduga kuat menjadi alasan pembengkakan ini.

Pada akhirnya, pihak klub mengumumkan kabar bahagia pada Maret 2019. Tottenham Hotspur Stadium akan dibuka pada bulan April 2019. Sebelum menghelat laga resmi, dua test event akan dihelat sebagai uji coba venue, sekaligus persyaratan mendapatkan sertifikat keamanan. Dua laga tersebut adalah laga Tottenham U-18 vs Southampton U-18 pada 24 Maret dan laga Legenda Tottenham pada 30 Maret.

Fans Spurs bisa berbangga dengan stadion barunya lantaran punya kapasitas sebesar 62.062 penonton. Angka ini hampir dua kali lipat dari kapasitas white Hart Lane lama yang Cuma 36 ribu. Dengan kapasitas sebesar itu, Tottenham akan memiliki stadion terbesar kedua di Inggris di bawah Old Trafford-nya Manchester United.

Konstruksi tribun ini juga termasuk tribun tunggal (tanpa bertingkat) yang menampung 17.500 penonton. Tribun tunggal yang dipenuhi penonton yang berteriak dan bernyanyi di belakang gawang tersebut dipercaya mampu bersaing dengan tribun The Kop di Anfield atau tribun Yellow Wall di Signal Iduna Park.

Selain itu, stadion baru ini juga punya beragam bentuk kemewahan dan aneka jajanan, dari burger, sandwich yang keeropa-eropaan, hingga jajanan jalanan Asia. Semuanya ditaruh di bar yang berjajar sepanjang 65 meter, terpanjang di Eropa.

youtube.com/watch?v=N0tAIVzVOd8

Selain pengalaman menonton sepak bola, stadion ini juga dilengkapi Hotel dengan totoal 180 kamar, dengan restoran mewah yang “diperkuat” chef kenamaan Michel Roux Jr, Chris Galvin, dan Dipna Anand. Tawaran mewah lainnya antara lain “Sky Walk”, yakni perjalanan di tepi fasad stadion setinggi 40 meter. Di luar stadion, terdapat area publik yang akan dijadikan “titik penting bagi suporter dan komunitas” untuk berkumpul dan berjejaring.

Satu hal penting yang akan membuat stadion ini berbeda dengan stadion lainnya. Sebagai bentuk komitmen terhadap kerjasama 10 tahun dengan NFL, stadion ini juga mampu menggelar pertandingan American Football. Jika Tottenham bermain, rumput asli akan digunakan. Jika NFL berlangsung, rumput asli akan diangkat secara otomatis, lalu tergelarlah rumput sintetis yang berada di bawah lapisan rumput asli. Ya, stadion ini merupakan stadion pertama yang punya dua lapis rumput sekaligus.

Bagi fans Tottenham dewasa, harga tiket berkisar antara 795 pounds (Rp14,5 juta) hingga 2.200 pounds (Rp40,2 juta). Ke depan, amat mungkin nama stadion bisa berubah sesuai kesepakatan komersial dengan sponsor…

So, Welcome to new home, lads…


Sumber:

Startingeleven.id (09/03/2019)

Goal.com (09/01/219)

Skysports.com (23/12/2018)

Loading...