Beranda campur Tips Pintar Beli HP di Online Shop Agar Tidak Tertipu

Tips Pintar Beli HP di Online Shop Agar Tidak Tertipu

5

Loading...

Oke temen-temen ketemu lagi dengan saya di channel KlemetHawk.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa “Tips pintar membeli HP di online shop agar tidak tertipu”.

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan kita untuk melakukan apapun, bahkan berkat kemajuan teknologi saat ini, kita bisa berbelanja melalui media online tanpa harus pergi ke toko, cukup menggunakan ponsel, kita bisa membeli barang yang kita inginkan.

Dengan berbelanja melalui situs belanja online atau yang sering disebut dengan sebutan online shop kita bisa menghemat tenaga, waktu, dan juga biaya, di situs belanja online banyak yang menjual berbagai macam produk.

Mulai dari barang sederhana sampai barang berharga bisa kita jumpai di situs belanja online, misal seperti baju, sepatu hingga ponsel, semuanya bisa anda beli di online shop.

Nah sekarang saya akan mulai membahas tentang tips pintar membeli HP di online shop agar tidak tertipu.

Meskipun saat ini sudah banyak penjual yang memanfaatkan market place untuk menjual HP lewat online, tetapi tetap saja ada oknum yang curang dengan memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menipu para pembeli.

Karena di media online kita tidak saling bertatap muka dan berhadapan langsung, maka oknum penjual curang tersebut memanfaatkan hal itu untuk menipu para pembeli, dengan menjual barang palsu, barang yang dikirim tidak sampai tujuan, atau barang yang di kirim tidak sesuai dengan yang di iklankan di online shop.

Sudah banyak yang tertipu ketika membeli barang melalui media online, untuk bukti Anda bisa cek sendiri di kaskus, disana sudah banyak orang yang bercerita tertipu saat berbelanja melalui media online.

Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti Anda ya, kalau belanja melalui media online itu tidak aman, sekarang sudah banyak kok market place di indonesia yang terpercaya seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, blibli, Bukalapak, atau Shopback.

Biar Anda tidak tertipu ketika membeli HP secara online, Anda bisa simak beberapa tips berikut ini.

1. Pilih Penjual yang Terpercaya

Bagian yang paling penting ketika Anda ingin membeli HP secara online adalah memilih penjual yang terpercaya, kualitas penjual memang menentukan barang daganganganya dan Anda harus cermat saat memilih penjual yang ingin disinggahi.

Anda bisa menilai penjual berdasarkan dengan review pembeli yang sebelumnya pernah membeli produk di penjual tersebut, review biasanya diberikan oleh pembeli yang telah berhasil melakukan transaksi dengan si penjual.

Pembeli biasanya akan menyampaikan review di kolom komentar website si penjual, jika komentar yang di berikan oleh para pembeli bernada positif dan sudah banyak yang berhasil melakukan transaksi secara aman dengan si penjual, maka anda bisa memilih penjual tersebut untuk membeli HP yang Anda inginkan.

2. Kenali Online Shop yang Terjamin Keamanannya

Saat membeli HP secara online, aspek yang perlu Anda perhatikan bukan hanya dari reputasi penjualnya saja, tapi juga keamanan dari situs online shop itu sendiri.

Keamanan website penjual akan menjamin transaksi Anda, Sebagai contoh, ketika Anda ingin membayar HP yang Anda beli dengan kartu kredit, maka Anda harus mengisi sejumlah data kartu kredit di website penjual HP tersebut.

Jika keamanan websitenya tidak terjamin, data kartu kredit Anda kemungkinan bisa bocor ketangan hacker bila sewaktu-waktu website tersebut dihack.

Website online shop yang keamanannya terjamin biasanya terdapat “https” di depan domainnya, selain itu, di address bar juga terdapat gambar gembok atau kunci yang menandakan bahwa keamanan data pembeli akan terjamin.

3. Terdapat Kontak Penjual atau Customer Service yang Jelas

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan saat ingin membeli HP secara online, Anda harus memastikan bahwa di online shop yang Anda kunjungi terdapat kontak penjual atau customer service yang bisa dihubungi.

Sebelum melakukan transaksi cobalah untuk menghubungi penjual dan menanyakan beberapa hal, jika penjual itu baik pasti akan membalas pesan dari calon pembeli.

Jika belanja di market place atau situs online shop ternama, biasanya terdapat customer service atau kolom chat untuk terhubung dengan penjual.

Jadi, jika ada mengalami masalah atau kendala ketika menerima HP yang dibeli, Anda bisa langsung komplain kepada si penjual.

4. Ketahui Merek dan Tipe HP yang Ingin di Beli

Sebelum membeli, sebaiknya ketahui dulu merek dan tipe HP yang ingin Anda beli, sebagai contoh misalnya Anda ingin membeli Apple iPhone XS, maka merek HP tersebut adalah “Apple” dan tipenya “XS”.

Jika HP yang Anda terima tidak sesuai dengan merek atau tipe yang Anda pilih, maka Anda bisa melakukan komplain kepada penjual dan bisa segera meminta ganti sesuai yang anda pilih.

Kan rugi, jika anda membayar mahal tapi HP yang anda terima harganya lebih murah dan merek atau tipenya tidak sesuai dengan yang anda pilih, nah itulah tujuan dari mengetahui merek dan tipenya terlebih dahulu.

Setelah mengetahui merek dan tipe HP yang diinginkan, lakukan observasi untuk menemukan penjual yang menyediakan HP yang Anda inginkan.

5. Cek Deskripsi Barang yang Tertera

Sebelum membayar HP yang dipilih, alangkah baiknya jika Anda membaca deskripsi barangnya terlebih dahulu.

Di deskripsi tersebut biasanya penjual memberikan keterangan mengenai spesifikasi HP, metode pengiriman, dan kelengkapan yang akan diterima oleh pembeli.

Membaca deskripsi merupakan poin penting agar tidak terjadi miss communication dengan penjual, di samping itu, Anda juga bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan HP itu melalui spesifikasinya.

Sehingga Anda masih bisa mengganti pilihan jika spesifikasinya kurang sesuai dengan keinginan.

6. Pastikan HP yang Anda Beli memiliki Garansi Resmi

Tujuanya, untuk menghindari ketika HP Anda bermasalah dan ingin dibawa ke service center resmi dari merk HP tersebut ternyata garansinya tidak berlaku, karena mungkin HP yang Anda beli tidak memiliki garansi resmi.

Kebanyakan sebagian besar pembeli tidak memperhatikan garansi dari HP yang dibeli secara online.

Maka dari itu hindari membeli HP dengan garansi toko karena biasanya HP tersebut tidak bisa digaransikan diservice center resmi.

Perlu Anda ketahui bahwa penjual HP yang terpercaya akan selalu menjual HP dengan garansi resmi dari merk HP tersebut, dan tidak akan menjual HP bergaransi toko.

7. Buat Perbandingan Harga

Anda tentu menginginkan harga barang yang lebih murah kan?. Oleh karena itu, buatlah perbandingan harga dari satu penjual dengan penjual yang lain.

Sebagai konsumen tentu kita harus pintar saat membandingkan harga, jika harga yang ditawarkan terlalu murah, sebaiknya Anda perlu curiga.

Maka pilihlah HP yang harganya berada di kisaran rata-rata, jangan tergiur dengan HP yang harganya sangat murah dan jauh dari harga pasaran, agar Anda tidak kecewa.

8. Gunakan Internet Pribadi Ketika Bertransaksi

Kejahatan bisa terjadi di mana saja tanpa kits sadari, ketika Anda sedang melakukan pembelian HP di online shop kejahatan tetap bisa terjadi, bahkan online shop yang keamanannya terjamin pun tidak bisa lepas dari ancaman kejahatan online.

Anda harus berhati-hati saat melakukan transaksi online, jika Anda menggunakan fasilitas internet publik seperti WiFi di kafe atau mall, para hacker biasanya memanfaatkan jaringan WiFi di tempat umum untuk melakukan pencurian data, karena tingkat keamanan jaringan yang tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan para hacker untuk melakukan pencurian data.

Jadi, sebaiknya gunakan internet pribadi ketika melakukan transaksi pembelian HP secara online, internet pribadi tersebut berupa koneksi data dari kartu SIM atau WiFi di rumah sendiri.

9. Tentukan Metode Pembayaran

Setelah menemukan HP dan toko online yang cocok, tentu Anda melakukan pembayaran agar HP tersebut bisa di kirim.

Pilihlah metode pembayaran yang paling nyaman, metode pembayaran paling nyaman umumnya menggunakan transfer atau menggunakan kartu kredit.

Jangan lupa!. Jika Anda memiliki voucer belanja gunakan voucher tersebut, karena dengam voucher belanja tersebut akan memberi keuntungan bagi kita, beli HP baru jadi lebih hemat jika Anda menggunakan voucher belanja.

10. Pilih Metode Pengiriman dengan Asuransi

Ketika membeli HP secara online sebaiknya pilih metode pengiriman dari kurir yang terpercaya. Selain itu, tambahkan juga asuransi pada metode pengiriman yang Anda pilih.

Ketika menambah jasa asuransi maka Anda akan dikenakan biaya tambahan, tetapi biaya tersebut akan sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan.

Jadi ketika HP yang kita beli hilang atau rusak saat pengiriman, kita akan mendapat ganti rugi dari pihak asuransi.

Oke temen-temen itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kali ini, tips ini juga bisa Anda gunakan untuk membeli barang lainya di online shop.

Untuk temen-temen sekalian Anda juga bisa mengunjungi situs klemethawk.blogspot.com untuk mendapatkan artikel menarik seputar teknologi lainya.

Demikian artikel ini saya buat, terima kasih sudah membaca, Semoga Bermanfaat.

Loading...