Viral meme gulai buatan Makaji. Siapa sebenarnya Makaji ? Ini Penjelasannya !

531
Loading...

Dunia maya baru-baru ini sedang viral meme tentang gulai buatan Makaji. Banyak para netizen-netizen yang membuat meme ini. Jadi sebenarnya siapakah Makaji itu? Apa maksud dari meme tersebut ? dan bagaimana meme Makaji bisa Viral ?

Makaji merupakan tokoh utama dari cerpen karangan Damhuri Muhammad yang berjudul Juru Masak. Berikut cerita singkat dari cerpen Juru Masak. Diceritakan bahwa Makaji merupakan juru masak spesialis untuk daerah Lareh Panjang. Setiap ada perhelatan Makaji selalu menjadi juru masak, tentu saja karena masakannya yang luar biasa. Semua orang yakin bahwa perhelatan tanpa Juru Masak Makaji, acara tersebut dipastikan akan hambar. Walaupun hanya satu-satunya juru masak di Lareh Panjang, Makaji tidak pernah membeda-bedakan siapapun yang meminta ia untuk menjadi juru masak dalam acara. Baik itu dari keluarga terpandang atau keluarga kurang mampu.

Suatu hari ada keluarga yang menikah di Lareh Panjang mengadakan perhelatan tanpa Makaji. Benar saja, acara tersebut kacau dan dipenuhi dengan cacian oleh warga karena makanan yang ada tidak ada yang menggugah selera. Gulai yang ada di acara tersebut sangat hambar dan tersisa banyak.

Suatu hari anak Makaji yaitu Azrial menjemput ayahnya untuk ikut dengannya di Jakarta sebagai juru masak karena Azrial tidak mau jauh-jauh dari ayahnya. Lereh Panjang kini telah kehilangan Juru Masak andalan mereka. Ketika itu merupakan pernikahan mantan Azrial Yang bernama Renggogeni. Perhelatan pernikahan itu sangat hambar karena juru masak dalam acara itu bukan Makaji.

Itu dia cerita singkat tentang cerpen Juru Masak. Kalau belum puas terhadap ringkasan tersebut kamu bisa membacanya sendiri di Internet.

Kesimpulan

Meme pertama kali pasti dibuat oleh anak kisaran kelas 1 SMA sampai anak kuliahan. Karena cerpen ini selalu ada dalam soal UN dan LKS atau Modul siswa. Karena itu pula lah Meme ini begitu ramai dan viral. Entah kenapa cerpen ini selalu menjadi langganan dalam soal UN dan LKS atau Modul siswa. Mungkin saja karena cerita ini cukup sulit untuk diketahui unsur-unsur ceritanya, agar siswa lebih berpikir dalam menjawab soal-soal. Atau mungkin karena cerita pendek ini begitu menarik ? belum ada yang tau, tapi yang pasti jika kamu sudah masuk SMA/SMK pasti kamu akan menemui cerpen karangan Damhuri Muhammad ini.

Cukup sekian dari artikel ini semoga bermanfaat untuk kamu semua dan memahami arti meme tersebut. Terima Kasih.

Loading...